Manfaat Tidur. Cekidot

Standar

Sudah bukan rahasia lagi,tidur bukan hanya penting untuk kesehatan dan kesejahteraan,tapi juga untuk penampilan. Sayangnya di zaman modern ini banyak yang tak bisa tidur karena menderita sleep disorder,yang umumnya terjadi di negara-negara maju. Menurut sebuah studi yang dilakukan Natiöal Sleep Fondation pada tahun lalu,rata-rata perempuan Amerika kekurangan tidur 122 jam per tahun. Tubuh dan wajah kita memerlukan semua jam tidur tersebut. Berikut,khasiat atau manfaat tidur untuk kesehatan dan kecantikan.

A.Kulit jadi lebih cerah
Stres mental yang diakibatkan kurang tidur membuat pembuluh darah mengerut,sehingga darah yang dipompakan ke seluruh tubuh menjadi berkurang,begitu menurut sebuah studi baru dalam Circulation: The Journal of The American Heart Association. Padahal pembuluh2 darah di wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Aliran darah yang lancar menghasilkan warna kulit yang sehat. Bisa dibayangkan jika terjadi pengerutan pada pembuluh darah di wajah.Selain itu stres yang disebabkan kurang tidur juga menghasilkan minyak yang berlebihan di wajah,membuat kita lebih rentan terhadap jerawat.Akibat lainnya jika kurang tidur adalah,kulit lebih cepat berkerut dan kendur sebelum waktunya.Jika kulit tidak mendapatkan kecukupan waktu dalam semalam untuk mengisi ulang energi,kita kehilangan sel-sel baru yang membantu menjaga kulit tetap kencang.Perbaikan sel-sel kulit juga berlangsung di malam hari.Kurang tidur hanya semalam dapat mengganggu kemampuan kulit mempertahankan kelembaban dan melindungi kulit terhadap sinar matahari dan polusi pada keesokan harinya.

B. Mata lebih cerah
Jika kelopak mata tidak terpejam cukup lama akan membuat mata kering dan iritasi.Itu sebabnya mata kita tampak merah jika kita kurang tidur.Para ahli menduga,lingkaran gelap dibawah mata muncul karena fatigue atau kelelahan memperlambat sirkulasi dan darah tegenang di dalam kulit yang setipis kertas di sekitar mata.

C. Rambut sehat berkilau.
Terus menerus kurang tidur atau tidur larut malam membuat tubuh kita selalu berada dalam keadaan krisis sehingga hanya mengeluarkan energi dalam jumlah terbatas. Padahal bahan bakar ini biasanya memberikan banyak nutrien ke akar rambut.Karena jumlah nutrien terbatas,nutrien yang ada lalu diberikan pada organ tubuh yang menderita.Tanpa kecukupan nutrien,rambut kehilangan kilau dan mudah patah.

C. Tubuh lebih ramping
Kurang tidur dapat membuat berat badan bertambah.Satu fakta yang mengagetkan banyak perempuan.Mengapa?Kurang tidur memperlambat metabolisme sehingga pembakaran kalori oleh tubuh menjadi lambat.Sebuah study University of Chicago menemukan,sesudah seminggu tidur selama 4 jam,tingkat metabolisme dari pria berusia sekitar 20an sebanding dengan tingkat metabolisme pria yang lebih tua.
Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan,suatu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar.Kurangnya hormon ini berarti lebih banyak lemak.Menurut para ahli,90% dari perempuan bisa menurunkan berat badan jika mereka cukup tidur.

TANDA-TANDA KURANG TIDUR
* Anda tak bisa bangun ketika jam weker berbunyi.Jika Anda mendapatkan cukup tidur tanpa jam weker pun,jam tubuh Anda akan membuat Anda terbangun dengan sendirinya.

* Seprai Anda berantakan. Ranjang yang berantakan merupakan pertanda tidur Anda lebih seperti gulat ketimbang istirahat.
* Anda mudah ngantuk dan tertidur. Jika Anda kurang tidur,Anda cenderung tertidur sesaat sesudah berada di tempat gelap seperti bioskop atau ketika sedang lihat presentasi slide di kantor.
* Anda perlu banyak minum kopi. Jika Anda perlu kopi lebih dari 2 cangkir sehari agar tidak ngantuk atau tetap segar,berarti Anda kurang tidur.
* Anda selalu ingat mimpi-mimpi Anda. Ini menunjukkan Anda bangun sebelum menghabiskan REM,siklus terakhir tidur dan fase dimana Anda mendapatkan tidur yang paling menjernihkan pikiran.

Tips mendapatkan tidur yang baik.

1. Ciptakan tempat khusus untuk tidur.
Jangan bayar rekening,nonton tv,atau baca kertas kerja di tempat tidur. Aktivitas ini bisa meresahkan tidur Anda.

2. Lakukan perawatan tubuh.
Menurut para ahli,ritual di malam hari,seperti sikat gigi,membersihkan wajah,melakukan sedikit stretching,mengirim sinyal ke otak yang merangsang produksi melatonin,sejenis hormon yang membantu membuat ngantuk.

3. Hirup sesuatu.
Riset menunjukkan,menghiru aroma menenangkan secara teratur sebelum tidur,bisa cepat membuat ngantuk. Sehubungan dengan itu produsen kosmetik saat ini juga memproduksi semprotan khusus untuk bantal dan seprai. Coba hubungi toko The Body Shop.

4. Olahraga cardio.
Orang yang lari atau jalan kaki 40 menit,3 kali seminggu mendapatkan tidur yang lebih memuaskan dibanding rekannya yang lebih banyak duduk,begitu menurut sebuah study University of Washington. Tapi usahakan selang waktu paling sedikit 4 jam antara olahraga dan waktu tidur. Kalau tidak,Anda justru akan sulit tidur.

5. Jangan makan banyak protein atau makanan berlemak sesudah larut malam.
Protein dan lemak memerlurkan usaha pencernaan ekstra sehingga Anda akan terjaga sepanjang malam. Lebih baik coba makan pisang atau minum susu. Keduanya mengandung tryptophan yang mendorong pelepasan melatonin dan serotonin,yang merupakan hormon penenang.

2 responses »

  1. Wah tips yang bagus. Kebetulan saya sering sekali begadang. Mudah-mudahan jam tidur saya bisa kembali normal setelah makan pisang atau minum susu. Makasih atas artikelnya.

    Salam kenal.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s